manfaat hutan mangrove

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki hutan mangrove terluas di dunia.  hutan mangrove memiliki peranan penting baik langsung maupun tidak langsung bagi penduduk sekitar pesisir pantai. Manfaat hutan mangrove ini sangat banyak, tumbuhan mangrove yang juga dikenal sebagai tumbuhan bakau ini termasuk unik, karena mereka tumbuh diantara rawa berair payau dan muara sungai, yang merupakan gabungan tumbuhan yang hidup di laut dan di darat.

Berikut 10 manfaat hutan mangrove untuk masyarakat sekitarnya.

  1. Mencegah abrasi dan erosi,  tumbuhan mangrove memiliki akar yang sangat kuat untuk melindungi permukaan tanah dari pengikisan air, baik dari aliran air maupun dari ombak laut.
  2. Ekosistem baru, Hutan mangrove bisa menjadi ekosistem dan habitat baru di daerah pesisir pantai bagi beberapa jenis makhluk hidup dan organisme laut, seperti udang, kepiting dan ikan jenis tertentu, ini menguntungkan bagi penduduk sekitar.
  3. Mencegah pemanasan global, hutan mangrove juga mencegah dan mengurangi dampak pemanasan global dari air laut.
  4. Kawasan wisata, Hutan mangrove yang dikelola dengan baik, bisa menjadi obyek wisata baru, seperti di hutan mangrove surabaya, yang ramai dikunjungi wisatawan lokal, bahkan menjadi tempat favorit kawula muda milenial
  5. Sumber makanan ternak, tumbuhan mangrove mengandung nutrisi tinggi yang bisa digunakan untuk alternatif makanan ternak, dengan cara digiling dan dihancurkan, dengan catatan, pengambilan harus melalui izin dan pengawasan.
  6. Sumber penghasilan bagi nelayan, Nelayan bisa mencari ikan disekitaran hutan mangrove dan bisa juga menyewakan perahunya untuk wisata menikmati hutan mangrove.
  7. Menjaga iklim dan mencegah bencana alam, Hutan mangrove menjadi penjaga ekosistem perairan antara laut, pantai dan darat serta juga mencegah terjadinya bencana alam, seperti saat badai dari laut.
  8. Sumber kayu bakar, Tumbuhan mangrove yang sudah kering dan membusuk, bisa dimanfaatkan untuk kayu bakar bagi masyarakat sekitar pesisir.
  9. Menjaga kebersihan udara dan air,  Hutan mangrove membantu manusia untuk mendapatkan udara dan air yang bersih, hutan mangrove menyerap polusi baik di udara maupun logam berat dan sampah di Laut dan muara sungai.
  10. Pengembangan ilmu pengetahuan, Banyak kalangan akademisi dan ilmuwan melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan di kawasan hutan mangrove, seperti ilmu bidang kelautan, perikanan dan kimia.

Demikianlah 10 manfaat hutan mangrove diantara banyak manfaat yang bisa didapat masyarakat disekitar kawasan hutan mangrove, mari kita lestarikan dan kita jaga bersama lingkungan alam sekitar kita.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *