PokMasWas “Kuda Laut” adalah Suatu organisasi Kelompok masyarakat pengawas yang didirikan 1 April 2010, terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama dan nelayan wilayah Kecamatan Tongas dan Kecamatan Sumberasih Kabupaten probolinggo.

PokMasWas Kuda laut ini dibentuk dengan tujuan yaitu

  • Ikut serta dalam sistem pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan secara keseluruhan di Wilayah Perairan Kabupaten Probolinggo.
  • Sebagai mitra petugas pengawas perikanan/PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) didalam pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan.
  • Melakukan kegiatan pemantau pelaksanaan peraturan perundang-undangan bidang kelautan dan perikanan di Wilayah Perairan Kabupaten Probolinggo.
  • Sebagai sumber informasi dini di lapangan apabila terjadinya pelanggaran/tindak pidana perikanan yang dilakukan oleh masyarakat nelayan.
  • Dapat dijadikan contoh dan pelopor pelaksanaan tertib usaha bagi masyarakat nelayan yang melakukan kegiatan penangkapan ikan dan pelestarian lingkungan wilayah pesisir.

pokmaswas kuda laut    

Selain itu juga, setiap anggota PokMasWas memiliki tugas antara lain yaitu : mengembangkan dan melestarikan ekosistem hutan mangrove, melestarikan sumber daya ikan dari kepunahan, meningkatkan potensi sumber daya alam ( SDA ) dan sumber daya manusia ( SDM ) demi terciptanya iklim usaha perikanan yang berkelanjutan dan lestari, termasuk juga mengembangkan potensi wisata yang ada. Kemudian mencegah terjadinya konflik antar nelayan.

Dalam pelaksanaan kegiatan pengawasan ini, PokMasWas bekerjasama dan berkoordinasi dengan aparat dan pejabat terkait.  Sehingga peran PokMasWas tidak menyalahi aturan dan ketentuan hukum yang berlaku, bahkan ikut memelihara kelestarian dan ketertiban lingkungan.